pencaksilatzone

Sabtu, 24 September 2016

ASPEK PENTING DALAM PENCAK SILAT

Aspek Penting Dalam Pencak Silat
.

Terdapat 5 aspek utama dalam pencak silat, yaitu:

                                                                       
                 
1.   Aspek Mental Spiritual: Pencak silat membangun dan mengembangkan kepribadian dan karakter mulia seseorang. Para pendekar dan maha guru pencak silat selalu berpesan untuk berdo’a dan tidak melupakan Tuhan..
                                                         

berdo'a sebelum latihan/bertanding

2.   Aspek Seni Budaya dan cinta tanah air: Budaya dan permainan "seni" pencak silat ialah salah satu aspek yang sangat penting. Pencak pada umumnya menggambarkan bentuk seni tarian silat. Kita berlatih silat berarti kita cinta dengan produk Indonesia, karena Pencak Silat adalah beladiri asli dari Indonesia.
                                                                    
                           

pencak silat kategori seni tunggal

                                      
3.   Aspek Bela Diri: Kepercayaan,ketekunan serta keuletan diri ialah sangat penting dalam menguasai ilmu bela diri dalam pencak silat. Istilah silat, cenderung menekankan pada aspek kemampuan teknis bela diri pencak silat. Yang paling penting dalam latihan beladiri adalah kita dapat melindungi diri kita sendiri.(kurang lebih contohnya seperti gambar yang dibawah ini).
                                  


adegan dalam film"The Raid"

 fight scene film "the raid"




                                                                                               
4.   Aspek Olah Raga: Ini berarti bahwa aspek fisik dalam pencak silat ialah penting. Pesilat mencoba menyesuaikan pikiran dengan olah tubuh. Kompetisi ialah bagian aspek ini. Aspek olahraga meliputi pertandingan laga(bertarung) dan demonstrasi bentuk-bentuk jurus, baik untuk tunggal, ganda atau regu.
                                      


pencak silat kategori laga


                                                         

kategori silat seni beregu

kategori silat seni ganda 

5.   Aspek kehidupan sosial: Didalam pencak silat, kita tidak hanya diajarkan sebatas bagaimana cara membela diri, tetapi pencak  silat juga mengajarkan kita supaya berbuat sopan&santun terhadap guru besar,pelatih,kakak tingkat dan sesama makhluk hidup.Jadi kitapun harus menjaga kerukunan antar sesama tanpa terkecuali.
                                                         
                                                                

salam hormat untuk semua pesilat sa'at latihan usai


                                                                     
 Bentuk pencak silat dan padepokannya (tempat berlatihnya) berbeda satu sama lain, sesuai dengan aspek-aspek yang ditekankan. Banyak aliran yang menemukan asalnya dari pengamatan atas perkelahian binatang liar. Adapula yang berpendapat bahwa aspek bela diri dan olahraga, baik fisik maupun pernapasan, adalah awal dari pengembangan silat. Aspek olah raga dan aspek bela diri inilah yang telah membuat pencak silat menjadi terkenal dalam lingkup seni&beladiri di Eropa. Oleh karena itu sudah selayaknya kita patut bersyukur dan bangga karena pencak silat telah lama diakui oleh negara asing 
                         
terima kasih banyak sudah berkunjung di blog ini, kurang lebihnya mohon ma'af. Mohon kritikan yang membangun agar blog ini lebih baik dari sebelumnya. 
                                                  
                                               SALAM PESILAT
            

sumber              : Ilmu pengetahuan,wikipedia

sumber gambar : archive.kaskus.co.id, uniqpost.com, google image.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar