pencaksilatzone

Senin, 26 September 2016

ASAL MULA DAN KELEBIHAN KARAMBIT

Asal mula KARAMBIT DAN KELEBIHAN


                                             
                                   

karambit minangkabau 

Berdasarkan sejarah tertulis, kerambit berasal dari Minangkabau, lalu kemudian dibawa oleh para perantau Minangkabau berabad yang lalu dan menyebar ke berbagai wilayah, seperti Jawa, Semenanjung melayu dan lain-lain. Menurut cerita rakyat, bentuk kerambit terinspirasi oleh cakar harimau yang karena memang banyak berkeliaran di hutan Sumatera pada masa itu. (bisa anda lihat Gambar disamping kiri, dan mungkin kurang lebihnya seperti itu).



Senjata di sebagian besar kawasan nusantara, pada awalnya merupakan alat pertanian yang dirancang untuk menyapu akar, mengumpulkan batang padi dan alat pengirikan padi. Namun berbeda dengan kerambit, ia sengaja dirancang lebih melengkung seperti kuku harimau, setelah melihat harimau bertarung dengan menggunakan cakarnya, hal ini sejalan dengan falsafah Minangkabau yang berbunyi "Alam takambang jadi guru". Kerambit akhirnya tersebar melalui jaringan perdagangan Asia Tenggara hingga ke negara-negara, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina dan Thailand.



Buku sejarah di Eropa mengatakan bahwa tentara di Indonesia dipersenjatai dengan keris di pinggang dan tombak di tangan mereka, sedangkan kerambit itu digunakan sebagai upaya terakhir ketika senjata lain habis atau hilang dalam pertempuran. Kerambit terlihat sangat jantan, sebab ia dipakai dalam pertarungan jarak pendek yang lebih mengandalkan keberanian dan keahlian bela diri.Para prajurit Bugis Sulawesi juga terkenal untuk keahlian mereka dalam memakai kerambit. Saat ini kerambit adalah salah satu senjata utama silat dan umumnya digunakan dalam seni beladiri.
Kelebihan karambit
Penggunaan karambit dengan cara yang berbeda
Kelebihan dari kerambit adalah:
·         Bentuknyah kecil dan mudah disembunyikan
·         Sulit untuk dilucuti dalam pertarungan
·         Jarak bisa berubah tanpa mengubah langkah
·         Bisa untuk dua serangan dalam satu gerakan tangan
·         Lebih membuat robekan besar untuk gerakan-gerakan tarikan yang mematikan
·         Serangan dapat lebih cepat dengan pegangan standart secara pukulan jab

Cukup Sekian dulu postingan ini kurang lebihnya mohon ma'af dan terima kasih sudah mampir

SALAM PESILAT


Tidak ada komentar:

Posting Komentar